Agar Ikan Tidak Amis

22 Jun

Ikan yang segar, tidak amis. Kalau amis, pertanda sudah kurang segar. Untuk membuat citarasa ikan lebih segar menggugah, boleh ditambahkan bumbu aromatik, seperti daun jeruk, daun salam, jahe, serai, daun pandan, dan/atau air jeruk limau.

Ikan salmon memang merupakan sumber omega-3, tetapi bukan satu-satunya. Seperti disampaikan oleh salah seorang Sahabat Sehat kita, Widi, ikan salmon hasil budidaya diduga telah banyak mengandung zat aditif sintetis (berasal dari pakannya). Karena itu, sebaiknya kita tidak fanatik pada satu jenis makanan. Selain ikan salmon, sumber lain lemak sehat omega-3 adalah minyak zaitun extra virgin (campur 1/2 – 1 sdt ke dalam makanan bayi menjelang diberikan), avokad, almon bubuk, flaxseed (sebaiknya digerus).

Bumbu dengan citarasa ringan bisa dicampurkan ke dalam makanan MP-ASI bayi 9 bulan. Antara lain bawang merah, bawang putih, bawang bombai, daun bawang, seledri, jahe (dimemarkan), kayumanis batang, bawang merah – bawang putih goreng. (Kalau bawang merah + bawang putih goreng dilumatkan, lalu ditambahkan ke dalam makanan bayi, bisa menjadi MSG alami dan bikin makanan lebih gurih.)

WH

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: