Kiat Memberikan Makanan Pendamping ASI

21 Jun

1. Dalam memberikan makanan pendamping ASI kepada bayi Anda, perhatikan mutu bahan makanannya. Bahan makanan yang bermutu tinggi menjamin kualitas zat gizi yang baik pula.

2. Jumlah dan jenis makanan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan fisik dan kemampuan pencernaan bayi. Semakin tumbuh fisiknya dan semakin berkembang kemampuannya, semakin banyak pula zat-zat gizi
yang dibutuhkan anak.

3. Memberi makanan pada bayi harus hati-hati. Mulailah dengan jumlah sedikit dan dalam bentuk encer. Kemudian secara bertahap, makin lama makin banyak dan kental.

4. Jangan memperkenalkan beberapa makanan sekaligus kepada bayi dalam waktu yang pendek. Tunggulah paling tidak empat hari sebelum Anda memperkenalkan jenis makanan yang lain. Dengan demikian, bayi Anda akan benar-benar mengenal dan menerima jenis makanan baru. Dengan cara ini Anda pun bisa mengetahui ada tidaknya reaksi alergi pada si kecil terhadap makanan yang Anda berikan.

5. Jangan memberi makanan secara paksa. Sebab hal ini dapat mempengaruhi perkembangan emosionalnya. Misalnya saja, mengakibatkan gangguan nafsu makan. Jadi, biarkan dia mengembangkan rasa suka dan tidak sukanya sendiri. Kalau dia tidak menyukai satu jenis makanan, cobalah mencampurnya dengan cairan yang sudah lebih dulu dikenalnya, misalnya susu atau sari buah.

6. Urutan pemberian makanan pendamping ASI biasanya buah-buahan, tepung-tepungan, lalu sayuran. Daging, ikan, dan telur umumnya diberikan setelah bayi berumur 6 bulan. Bahkan, kalau bayi menunjukkan gejala alergi, telur sebaiknya baru Anda berikan setelah si kecil mencapai usia satu tahun.

Sumber: Buku *Makanan Sehat Lezat untuk Bayi & Balita* Seri Ayahbunda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: