Q&A: Camilan untuk Anak yang Alergi Susu dan Telur

21 Jun

Q:

Anak saya alergi susu sapi dan telur. Bentuk alerginya batuk berdahak dan pilek, hidung meler sampai tidak bisa tidur. Saya jadi bingung memberikan camilan untuk anak saya karena resep-resep rata-rata memakai susu dan telur. Bagaimana membuat camilan untuk anak saya ini? (PR)

A:

Apapun penyebabnya, alergi umumnya karena sistem kekebalan tubuh yang rendah. Adanya lendir (batuk berdahak, pilek, hidung meler) merupakan gambaran kondisi tubuhnya (darah dan jaringan) sudah terlalu asam/acid. Pada kondisi tubuh kita kelewat asam, fungsi organ tubuh tidak bisa bekerja optimal, sehingga imunitas melemah. Selain itu, keasaman darah yang tinggi menyulitkan distribusi nutrisi dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Kenapa kondisi tubuh anak kita acid? Penyebabnya adalah bayi-balita kita terlalu banyak diberikan makanan pembentuk asam (acid forming) daripada makanan pembentuk basa (alkalize forming). Makanan pembentuk
asam meliputi semua makanan olahan/industri, termasuk susu formula, biskuit bayi (padahal bayi sama sekali tidak perlu makanan spt ini, karena bergula dan dibubuhi food additives sintetis), makanan bayi kemasan (bubur susu dll). Makanan pembentuk basa adalah aneka buah-buahan segar dan sayur-sayuran segar. Coba Anda evaluasi, apakah ini
benar? Jika ya, rombak pola makan bayi-balita kita. Bukan berarti makanan pembentuk asam tidak boleh kita berikan, tetapi jumlahnya tidak mendominasi.

Anda tidak perlu memikirkan camilan bikinan seperti kue. Kenapa tidak lebih fokus saja pada camilan yang sehat alami dan praktis yang bersifat alkalize forming, yakni buah. Berikan variasi hidangan buah, seperti jus buah, lassi (jus buah + plain yoghurt khusus bayi), smoothie (jus/lassie + pisang/avokad, sehingga teksturnya smooth seperti cream soup). Agar anak kita tidak bosan, bisa juga divariasikan dengan puding agar-agar/jeli buah (cara membuatnya seperti sudah saya sampaikan sebelumnya). Camilan seperti ini lebih kaya nutrisi, antioksidan, dan mengandung gula alami. Sementara kue-kue harus ditambah gula, padahal gula bagi anak-anak pengidap alergi justru kurang baik, karena menurunkan sistem kekebalan tubuh. Sesekali saja berikan kue-kue bikinan Anda. (WH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: